Forum Suzuki Ertiga Club Indonesia

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Silahkan bergeser ke : www.ertigaclubindonesia.com/forum


Pages: 1 [2]

Author Topic: Service Berkala setiap 5000 km?  (Read 4729 times)

dwdamarjati

  • Jr. Member
  • **
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 179
    • View Profile
Re: Service Berkala setiap 5000 km?
« Reply #15 on: September 06, 2012, 04:07:17 PM »

makasih om buat masukannya...nti cb sebelum service KM5000 sy tel BERESnya dl...blg mo ganti oli aj.

kl liat di website sijuki...garansi berlaku apabila kita melakukan perawatan berkala....baik yg kelipatan 10.000, maupun additional plus 5000
http://service.suzuki.co.id/main/warranty.html

kl jasa cmn 16rb sy jabanin deh ganti oli di BERES :top


klo liat klausulnya sih begini bunyinya :
"Jaminan ini berlaku bilamana melaksanakan SERVIS GRATIS dan PERAWATAN BERKALA sesuai jadwal di Bengkel Resmi SUZUKI di seluruh Indonesia"

Tergantung penafsiran "PERAWATAN BERKALA" itu.

Cuma klo liat lagi definisi yg service 5000 :

Servis Plus 5000: Servis Plus 5000 adalah servis tambahan yang dilakukan saat interval 5000 km atau diantara jadwal servis yang telah diwajibkan untuk menjaga kondisi kendaraan lebih baik lagi.

Berarti ntu service gak wajib, klo gak wajib kan berarti gak angus garansinya
Logged
ERCI-0148 Bekasi

Anis WN (ERCI 0161)

  • Full Member
  • ***
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 936
  • Hati-hati di jalan. Selalu berdoa dulu...
    • View Profile
Re: Service Berkala setiap 5000 km?
« Reply #16 on: September 06, 2012, 04:45:54 PM »

Dan kalo gak salah, yg periode 5rb itu utk pemakaian TIDAK NORMAL. Kalo pemakaian normal sih cukup dgn yg 10rb aja.

Hmmmm...
Logged

ariest

  • Jr. Member
  • **
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 203
    • View Profile
Re: Service Berkala setiap 5000 km?
« Reply #17 on: September 06, 2012, 04:56:24 PM »

Kalo gak salah, kemampuan oli itu tidak hanya dihitung oleh jarak tempuh tapi juga waktu/jam. Jadi tergantung mana yg lebih dulu dicapai. Kalau tidak salah SGO itu tetap berfungsi baik sampai 450 jam. Kalau mobil kita  digunakan setiap hari jalan selama 5 jam (25 hari sebulan), maka harus ganti oli  +/- 4 bulan kemudian walaupun jarak tempuh kurang dari 10.000 KM. Kalau hitungan ertiga saya dimana setiap hari jalan 60 KM, maka untuk 4 bulan baru akan tercapai 6000 KM.
Jadi balik lagi ke rekan2 sich. Kayaknya untuk teman2 yg tinggal di Jakarta, sudah untuk mencapai 10.000 KM dalam jangka waktu kurang dari 450 jam, soalnya macetnya gak kira2 yach. Mungkin untuk daerah yang tidak terlalu macet mungkin saja jarak tempuh 10.000 KM bisa tercapai dalam waktu kurang dari 450 jam.

Monggo silahkan teman2 menghitung kembali, apakah perlu atau tidak mengganti oli setiap 5000 KM
Logged

silkver

  • Jr. Member
  • **
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 116
    • View Profile
Re: Service Berkala setiap 5000 km?
« Reply #18 on: September 07, 2012, 08:31:57 AM »

Kalo gak salah, kemampuan oli itu tidak hanya dihitung oleh jarak tempuh tapi juga waktu/jam. Jadi tergantung mana yg lebih dulu dicapai. Kalau tidak salah SGO itu tetap berfungsi baik sampai 450 jam. Kalau mobil kita  digunakan setiap hari jalan selama 5 jam (25 hari sebulan), maka harus ganti oli  +/- 4 bulan kemudian walaupun jarak tempuh kurang dari 10.000 KM. Kalau hitungan ertiga saya dimana setiap hari jalan 60 KM, maka untuk 4 bulan baru akan tercapai 6000 KM.
Jadi balik lagi ke rekan2 sich. Kayaknya untuk teman2 yg tinggal di Jakarta, sudah untuk mencapai 10.000 KM dalam jangka waktu kurang dari 450 jam, soalnya macetnya gak kira2 yach. Mungkin untuk daerah yang tidak terlalu macet mungkin saja jarak tempuh 10.000 KM bisa tercapai dalam waktu kurang dari 450 jam.

Monggo silahkan teman2 menghitung kembali, apakah perlu atau tidak mengganti oli setiap 5000 KM

angka 450 jam itu dapat dari mana om? :bingungs

iya selain berdasarkan jarak, olie juga perlu dihitung berdasarkan waktu ketika mesin menyala..

FYI untuk fastron yg direkomendasikan ganti setelah 10.000km sebenernya batas maksimalnya adalah 12.000km..
jadi para produsen sudah memperhitungkan secara cermat interval penggantian olie-nya..

SGO kenapa harus diganti setiap 5000km?
SGO dengan spek 5W-30 adalah olie yg sangat encer dengan (mungkin) tingkat keausan yg cepat karena efek samping dari encernya olie tersebut..
olie lain dengan spek 5W-30 juga banyak yg merekomendasikan ganti setiap 5000km, kecuali olie full sintetik (tapi kembali lagi bicara harga, ada rupa ada harga)

boleh pakai spek lain? 10W-40?
sah2 aja dipake, cuman kinerja mesin akan jadi lebih berat..
jangan salahkan bengkel kalau setelah ganti dengan olie 10W-40 maka tarikan mobil akan jadi sedikit lebih berat..
dan tentunya suzuki punya pertimbangan lain untuk menggunakan 5W-30 daripada 10W-40..

be smart guy's
Logged

denzi

  • Jr. Member
  • **
  • Penghargaan: +1/-0
  • Posts: 422
    • View Profile
Re: Service Berkala setiap 5000 km?
« Reply #19 on: September 07, 2012, 11:29:01 AM »

makasih om buat masukannya...nti cb sebelum service KM5000 sy tel BERESnya dl...blg mo ganti oli aj.

kl liat di website sijuki...garansi berlaku apabila kita melakukan perawatan berkala....baik yg kelipatan 10.000, maupun additional plus 5000
http://service.suzuki.co.id/main/warranty.html

kl jasa cmn 16rb sy jabanin deh ganti oli di BERES :top


klo liat klausulnya sih begini bunyinya :
"Jaminan ini berlaku bilamana melaksanakan SERVIS GRATIS dan PERAWATAN BERKALA sesuai jadwal di Bengkel Resmi SUZUKI di seluruh Indonesia"

Tergantung penafsiran "PERAWATAN BERKALA" itu.

Cuma klo liat lagi definisi yg service 5000 :

Servis Plus 5000: Servis Plus 5000 adalah servis tambahan yang dilakukan saat interval 5000 km atau diantara jadwal servis yang telah diwajibkan untuk menjaga kondisi kendaraan lebih baik lagi.

Berarti ntu service gak wajib, klo gak wajib kan berarti gak angus garansinya


iy service yang disarankan artinya y om, sepertinya ini servis memang pilihan..boleh iya boleh engga..kalau mau lebih baik kondisi mobil sebaiknya memang melakukan service plus 5000 ini..cmiiw :)
Logged
Just Do It
Regional Jakarta
ERCI-0189

INDRA IRAWAN

  • Jr. Member
  • **
  • Penghargaan: +2/-0
  • Posts: 367
    • View Profile
Re: Service Berkala setiap 5000 km?
« Reply #20 on: September 07, 2012, 03:50:46 PM »

KL ANE LIAT OLI ANE BARU 2600 KM AN...TAPI OLI NYA UDAH HITAM GITU DILIAT... CUMA KENDALA NYA LUM ADA UANG NIH BUAT SERVIS 5000 ATO 3 BULAN....
Logged

silkver

  • Jr. Member
  • **
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 116
    • View Profile
Re: Service Berkala setiap 5000 km?
« Reply #21 on: September 08, 2012, 08:58:38 AM »

KL ANE LIAT OLI ANE BARU 2600 KM AN...TAPI OLI NYA UDAH HITAM GITU DILIAT... CUMA KENDALA NYA LUM ADA UANG NIH BUAT SERVIS 5000 ATO 3 BULAN....

kualitas olie ga bisa dilihat secara kasat mata om..
harus dites di laboratorium untuk mengetahui kualitasnya..
dan olie hitam juga belum tentu jelek..
Logged

ariest

  • Jr. Member
  • **
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 203
    • View Profile
Re: Service Berkala setiap 5000 km?
« Reply #22 on: September 08, 2012, 11:17:47 AM »

Kalo gak salah, kemampuan oli itu tidak hanya dihitung oleh jarak tempuh tapi juga waktu/jam. Jadi tergantung mana yg lebih dulu dicapai. Kalau tidak salah SGO itu tetap berfungsi baik sampai 450 jam. Kalau mobil kita  digunakan setiap hari jalan selama 5 jam (25 hari sebulan), maka harus ganti oli  +/- 4 bulan kemudian walaupun jarak tempuh kurang dari 10.000 KM. Kalau hitungan ertiga saya dimana setiap hari jalan 60 KM, maka untuk 4 bulan baru akan tercapai 6000 KM.
Jadi balik lagi ke rekan2 sich. Kayaknya untuk teman2 yg tinggal di Jakarta, sudah untuk mencapai 10.000 KM dalam jangka waktu kurang dari 450 jam, soalnya macetnya gak kira2 yach. Mungkin untuk daerah yang tidak terlalu macet mungkin saja jarak tempuh 10.000 KM bisa tercapai dalam waktu kurang dari 450 jam.

Monggo silahkan teman2 menghitung kembali, apakah perlu atau tidak mengganti oli setiap 5000 KM

angka 450 jam itu dapat dari mana om? :bingungs

iya selain berdasarkan jarak, olie juga perlu dihitung berdasarkan waktu ketika mesin menyala..

FYI untuk fastron yg direkomendasikan ganti setelah 10.000km sebenernya batas maksimalnya adalah 12.000km..
jadi para produsen sudah memperhitungkan secara cermat interval penggantian olie-nya..

SGO kenapa harus diganti setiap 5000km?
SGO dengan spek 5W-30 adalah olie yg sangat encer dengan (mungkin) tingkat keausan yg cepat karena efek samping dari encernya olie tersebut..
olie lain dengan spek 5W-30 juga banyak yg merekomendasikan ganti setiap 5000km, kecuali olie full sintetik (tapi kembali lagi bicara harga, ada rupa ada harga)

boleh pakai spek lain? 10W-40?
sah2 aja dipake, cuman kinerja mesin akan jadi lebih berat..
jangan salahkan bengkel kalau setelah ganti dengan olie 10W-40 maka tarikan mobil akan jadi sedikit lebih berat..
dan tentunya suzuki punya pertimbangan lain untuk menggunakan 5W-30 daripada 10W-40..

be smart guy's
dari SA suzuki Fatmawati om. Memang perlu direcheck lagi informasinya. Pernah baca juga di forum sebelah, tapi waktu saya cari lagi gak ketemu informasinya. Ntar ane update lagi kalo ada infonya.
Logged

Colot_ID ERCI-0167

  • Jr. Member
  • **
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 217
    • View Profile
Re: Service Berkala setiap 5000 km?
« Reply #23 on: November 06, 2012, 06:11:20 AM »

JARAK TEMPUH HAMPIR 5000KM  :o, MAU SERVIS TAMBAHAN DIMANA YA YANG MURAH KALO CUMA GANTI OLI SGO 5W30 :-[? APAKAH PERLU GANTI LAGI FILTER OLI NYA SETELAH DI GANTI DI SERVIS PERTAMA 1000KM ::)?
KE BIT PULOGADUNG DEKET, KE KALIMALANG LUMAYAN DEKET, KE BYPASS GA JAUH JUGA, KE CAB JUANDA BEKASI JUGA LUMAYAN DEKET. BARANGKALI ADA YG BISA KASIH SARAN DAN PENGALAMAN SERVIS 5000KM DI BENGKEL DIMAKSUD? THX  :peace



Logged
Regional Jakarta, B 67 ROS, ERCI-0167

Dedek_BN

  • Newbie
  • *
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 3
    • View Profile
Re: Service Berkala setiap 5000 km?
« Reply #24 on: April 21, 2013, 11:27:04 PM »

nice inpoh nih, thanks all
Logged
Pages: 1 [2]