Forum Suzuki Ertiga Club Indonesia

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Silahkan bergeser ke : www.ertigaclubindonesia.com/forum


Poll

Bagaimana performance mesin EFI dan V V T pada ERTIGA

Memuaskan dan lebih bagus
Biasa saja seperti umumnya
Kurang responsif

Author Topic: Bagaimana cara kerja EFI dan VVT pada R3  (Read 2538 times)

Prayudi

  • Jr. Member
  • **
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 230
  • The Black Bee
    • View Profile
Bagaimana cara kerja EFI dan VVT pada R3
« on: August 06, 2012, 11:59:47 AM »

Suhu-suhu dan rekan-rekan ertiganz, maaf  saya masih newbie nich. mohon pencerahan mengenai hal berikut :

1. Bagaimana cara kerja EFI dan VVT pada R3 ?

2. Bagaimana hubungan antara konsumsi bbm, rpm, posisi gigi dan kecepatan ?  apakah selalu konsumsi bbm berbanding lurus terhadap rpm atau konsumsi bbm berbanding lurus terhadap besarnya bukaan gas.

3. Apa yang di maksud dengan Torque maximum dan Power Maximum pada spesifikasi mesin ? mengapa umumnya tercapai pada rpm yang berbeda ?

4. Pada R3 di Rpm berapakah sebaiknya kita pindah gigi agar didapat kombinasi yang efisien/ irit antara tenaga dan konsumsi bbm ?


Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.....  :peace
« Last Edit: August 06, 2012, 12:19:37 PM by Black GX »
Logged
BeeThink - always be thinking Better
ERCI-0178

singachu

  • Newbie
  • *
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 94
    • View Profile
Re: Bagaimana cara kerja EFI dan VVT pada R3
« Reply #1 on: August 06, 2012, 09:14:45 PM »

Suhu-suhu dan rekan-rekan ertiganz, maaf  saya masih newbie nich. mohon pencerahan mengenai hal berikut :

1. Bagaimana cara kerja EFI dan VVT pada R3 ?

2. Bagaimana hubungan antara konsumsi bbm, rpm, posisi gigi dan kecepatan ?  apakah selalu konsumsi bbm berbanding lurus terhadap rpm atau konsumsi bbm berbanding lurus terhadap besarnya bukaan gas.

3. Apa yang di maksud dengan Torque maximum dan Power Maximum pada spesifikasi mesin ? mengapa umumnya tercapai pada rpm yang berbeda ?

4. Pada R3 di Rpm berapakah sebaiknya kita pindah gigi agar didapat kombinasi yang efisien/ irit antara tenaga dan konsumsi bbm ?


Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.....  :peace

saya newbie dan ga pake ertiga....tapi coba jawab yah....  :-[
please CMIIW.....

1.
EFI kasarannya terdiri dari Fuel Injector ama ECM/ECU. Dari sensor2 yang ada ECM/ECU akan memberikan sinyal ke EFI untuk membuka sepersekian detik. Begitu terbuka maka bensin yang ditekan ama fuel pump dengan tekanan tertentu akan menyemprot dalam bentuk kabut ke dalam ruang bakar (via inlet port).
Di Ertiga masing2 silinder ada 1 Injector.

VVT
gampangnya
Teknis :
Mengontrol waktu bukaan valve dalam hal ini intake valve.  Sebenernya yang ngedorong intake valve adalah lobe ato "tonjolan" di camshaft. camshaft digerakin ama timing chain yang muterin timing gearnya, timing chain ini digerakin ama crankshaft. timing chain panjangnya dah fixed, so timing gear juga ikutan fixed. Nah supaya timing gear muterin camshaft bisa "variable" maka dibuat hubungan tidak langsung. Hubungan tidak langsungnya pake tekanan oli yang dikontrol ama OCV....OCV nya sendiri dikontrol ama ECM/ECU

2. Enggak berbanding lurus.
Keknya arah pertanyaannya pingin supaya irit ya ?
Gini aja daripada pusing2 ama teorinya, Ertiga kan ada FC real, nah coba2 aja mana yang paling irit nurut display ntuh  :top

3. Torque atau Torsi, ntuh TENAGA puntir om, alias tenaga mesin buat muterin roda (terserah mau diukur di roda ato di flywheel)
Sedangkan Power ato HP ntuh KERJA atau USAHA mesin untuk menggerakkan mobil dalam satu satuan waktu.

HP punya  Rumus : HP = (Torque x RPM) / 5252
dari rumus aja dah kliatan kalo Torque max ama HP max ga mungkin tercapai di RPM yang sama.

4. Sori ga bisa jawab. Paling2 jawab kek no 2  :peace

regards,
singachu
Logged

RIII

  • Jr. Member
  • **
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 232
  • Mr. Galau
    • View Profile
Re: Bagaimana cara kerja EFI dan VVT pada R3
« Reply #2 on: August 07, 2012, 01:15:27 AM »

Suhu-suhu dan rekan-rekan ertiganz, maaf  saya masih newbie nich. mohon pencerahan mengenai hal berikut :

1. Bagaimana cara kerja EFI dan VVT pada R3 ?

2. Bagaimana hubungan antara konsumsi bbm, rpm, posisi gigi dan kecepatan ?  apakah selalu konsumsi bbm berbanding lurus terhadap rpm atau konsumsi bbm berbanding lurus terhadap besarnya bukaan gas.

3. Apa yang di maksud dengan Torque maximum dan Power Maximum pada spesifikasi mesin ? mengapa umumnya tercapai pada rpm yang berbeda ?

4. Pada R3 di Rpm berapakah sebaiknya kita pindah gigi agar didapat kombinasi yang efisien/ irit antara tenaga dan konsumsi bbm ?


Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.....  :peace

saya newbie dan ga pake ertiga....tapi coba jawab yah....  :-[
please CMIIW.....

1.
EFI kasarannya terdiri dari Fuel Injector ama ECM/ECU. Dari sensor2 yang ada ECM/ECU akan memberikan sinyal ke EFI untuk membuka sepersekian detik. Begitu terbuka maka bensin yang ditekan ama fuel pump dengan tekanan tertentu akan menyemprot dalam bentuk kabut ke dalam ruang bakar (via inlet port).
Di Ertiga masing2 silinder ada 1 Injector.

VVT
gampangnya
Teknis :
Mengontrol waktu bukaan valve dalam hal ini intake valve.  Sebenernya yang ngedorong intake valve adalah lobe ato "tonjolan" di camshaft. camshaft digerakin ama timing chain yang muterin timing gearnya, timing chain ini digerakin ama crankshaft. timing chain panjangnya dah fixed, so timing gear juga ikutan fixed. Nah supaya timing gear muterin camshaft bisa "variable" maka dibuat hubungan tidak langsung. Hubungan tidak langsungnya pake tekanan oli yang dikontrol ama OCV....OCV nya sendiri dikontrol ama ECM/ECU

2. Enggak berbanding lurus.
Keknya arah pertanyaannya pingin supaya irit ya ?
Gini aja daripada pusing2 ama teorinya, Ertiga kan ada FC real, nah coba2 aja mana yang paling irit nurut display ntuh  :top

3. Torque atau Torsi, ntuh TENAGA puntir om, alias tenaga mesin buat muterin roda (terserah mau diukur di roda ato di flywheel)
Sedangkan Power ato HP ntuh KERJA atau USAHA mesin untuk menggerakkan mobil dalam satu satuan waktu.

HP punya  Rumus : HP = (Torque x RPM) / 5252
dari rumus aja dah kliatan kalo Torque max ama HP max ga mungkin tercapai di RPM yang sama.

4. Sori ga bisa jawab. Paling2 jawab kek no 2  :peace

regards,
singachu
mantap om penjelasannya..ane juga baru tahu nih...sangat membantu.. :top
Logged
Salam,
ERCI-111

Prayudi

  • Jr. Member
  • **
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 230
  • The Black Bee
    • View Profile
Re: Bagaimana cara kerja EFI dan VVT pada R3
« Reply #3 on: August 07, 2012, 10:17:09 AM »

Thanks om atas pencerahannya... tambah lagi nich ilmunya. Betul om ini berhubungan dengan style mengemudi yang ekonomis. Di mobil lama saya (duo kembar) sehari-hari dipakai ngantor bisa mencapai kondisi ekonomis 1:12 sd 13 (dgn kondisi bensin premium, pengukuran dengan full tank to full tank (alias luber), rpm dijaga tidak lebih 4000, kondisi jalan 50% tol lancar + 50% jln biasa, perpindahan gigi pada 2500 - 3000 rpm.).

Karena si duo kembar nggak punya MID seperti di R3 sehingga untuk bantu monitornya saya suka memperhatikan sudut jarum spedometer dan sudut jarum rpm meter sbb :

1. Kalau sudut jarum speedometer di bawah sudut jarum rpm meter itu tandanya mobil lagi butuh tenaga (boros bbm),
2. Kalau sudut jarum speedometer sama dengan sudut jarum rpm meter itu tandanya ideal (normal)
3. Kalau sudut jarum speedometer di atas sudut jarum rpm meter itu tandanya ekonomis (irit bbm)

Supaya irit saya selalu berusaha mengemudi dalam kondisi 3 atau setidaknya di kondisi 2.

Pas muncul R3 yang katanya bisa 1:16, saya jadi tertarik untuk membuktikannya ( dibela-belain sampai jual mobil lama dan sabar menanti 4 bulan - untung nggak 9 bulan kaya orang hamil aja   :D)
Berhubung boil saya masih belum datang (Insya Allah bulan Sept nanti), jadi saya belum bisa membuktikannya
Mungkin rekan-rekan yang sudah nyobain R3 bisa sharing-sharing apakah pergerakan jarum speedometer dan rpm meter pada R3 seperti si duo kembar.  :peace
Logged
BeeThink - always be thinking Better
ERCI-0178

h1d4y47

  • Jr. Member
  • **
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 122
    • View Profile
Re: Bagaimana cara kerja EFI dan VVT pada R3
« Reply #4 on: August 07, 2012, 11:34:17 AM »

untuk no. 4 Pengalaman selama saya pake R3 kondisi irit saya dapat dengan gaya mengemudi :
- Perpindahan gigi di RPM 3000
- Saat perpindahan gigi RPM tidak jatoh di bawah RPM 2000
- Ketika Jalan gas stabil di di rentang RPM 2600 ~ 2800

Kondisi jalan :
- Jalan lancar (sedikit sekali stop & go)
- jalan biasa + toll (Bekasi Timur - Priok)

Konsumsi bbm tertinggi yg pernah saya dapat adalah 20km/l.

untuk  no. 1,2,3 penjelasan om singachu sudah sangat mudah dimengerti (thanks om jadi nambah ilmu nih  :top)

Logged
ERCI-GOCAP

humaam

  • Newbie
  • *
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 77
    • View Profile
Re: Bagaimana cara kerja EFI dan VVT pada R3
« Reply #5 on: August 07, 2012, 11:36:52 AM »

kadang orang bilang kakinya dah profesor. atau sebutan lainnya.

kalo menurut ane sih (belum dapat unit)

ini kembali ke gaya mengemudi. masing -masing orang beda gaya mengemudinya. misal ada buku panduan gaya mengemudi ngirit bensin juga, tentunya tidak sepenuhnya dapat di implementasikan ke setiap orang.hal ini disebabkan gay dan situasi jalanan yang berbeda. untuk merubah perilaku dan kebiasaan adalah hal yang rumit dan memerlukan waktu.

khususnya untuk masalah kaki injak pedal yang dipakai memori otot. dah alam bawah sadar. bukan berarti ga bisa di ubah gayanya pasti bisa. kadang bawa kendaraan berbeda gaya berkendara juga berbeda.
Logged

baseboy_2001id

  • Newbie
  • *
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 79
    • View Profile
Re: Bagaimana cara kerja EFI dan VVT pada R3
« Reply #6 on: August 07, 2012, 03:37:04 PM »

Untuk irit atau tidaknya kendaraan ada banyak faktor.
Untuk jelasnya bisa dibaca disini mengenai beberapa cara menghemat bbm :

http://tips-otoqita.blogspot.com/2012/05/beberapa-point-penting-untuk-hemat-bbm.html

http://oto.detik.com/read/2012/04/13/140028/1891838/1213/trik-membuat-kendaraan-irit-bensin



Logged

Budi JS

  • Jr. Member
  • **
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 199
    • View Profile
Re: Bagaimana cara kerja EFI dan VVT pada R3
« Reply #7 on: August 07, 2012, 07:02:50 PM »

Di duo kembar, ane pasang vacuum gauge buat mantau kondisi econo drive...
di ertiga, gak perlu lg... kan dah pake MID :)
ane blom pelajari karakter ertiga... apakah fc realtime selalu sebanding dengan konsumsi fuel aktual.  Bisa jadi sebenarnya gak sebanding karena metode perhitungan fc tidak mewakili semua faktor yg mempengaruhi konsumsi fuel.


Sent from my Galaxy Nexus using Tapatalk 2
Logged

singachu

  • Newbie
  • *
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 94
    • View Profile
Re: Bagaimana cara kerja EFI dan VVT pada R3
« Reply #8 on: August 07, 2012, 08:11:55 PM »

Thanks om atas pencerahannya... tambah lagi nich ilmunya. Betul om ini berhubungan dengan style mengemudi yang ekonomis. Di mobil lama saya (duo kembar) sehari-hari dipakai ngantor bisa mencapai kondisi ekonomis 1:12 sd 13 (dgn kondisi bensin premium, pengukuran dengan full tank to full tank (alias luber), rpm dijaga tidak lebih 4000, kondisi jalan 50% tol lancar + 50% jln biasa, perpindahan gigi pada 2500 - 3000 rpm.).

Karena si duo kembar nggak punya MID seperti di R3 sehingga untuk bantu monitornya saya suka memperhatikan sudut jarum spedometer dan sudut jarum rpm meter sbb :

1. Kalau sudut jarum speedometer di bawah sudut jarum rpm meter itu tandanya mobil lagi butuh tenaga (boros bbm),
2. Kalau sudut jarum speedometer sama dengan sudut jarum rpm meter itu tandanya ideal (normal)
3. Kalau sudut jarum speedometer di atas sudut jarum rpm meter itu tandanya ekonomis (irit bbm)

Supaya irit saya selalu berusaha mengemudi dalam kondisi 3 atau setidaknya di kondisi 2.

Pas muncul R3 yang katanya bisa 1:16, saya jadi tertarik untuk membuktikannya ( dibela-belain sampai jual mobil lama dan sabar menanti 4 bulan - untung nggak 9 bulan kaya orang hamil aja   :D)
Berhubung boil saya masih belum datang (Insya Allah bulan Sept nanti), jadi saya belum bisa membuktikannya
Mungkin rekan-rekan yang sudah nyobain R3 bisa sharing-sharing apakah pergerakan jarum speedometer dan rpm meter pada R3 seperti si duo kembar.  :peace

waduh kalo dari sudut jarumnya ya susah om, kan tergantung designer speedometernya mau pasang skala berapa :D
apalagi kalo speedonya digital pake angka....lha ga ada jarumnya :D
mungkin bisa dijadikan satu patokan tp berlaku hanya untuk mobil ntuh aja, mobil lain mungkin patokannya jadi agak beda....

nah ntuh dia menariknya ada MID FC real time....bisa main2  :top
tapi masa iya sih cuman gara2 pingin membuktikan sampe jual mobil ? :p

selamat bermain2 om :D

o ya ada lagi drive style pulse and glide.....sempet nyoba sih di mobilku memang lebih irit, cuman serunya kalo di dalkot kudu konsen kapan pulse kapan glide kapan ngerem....... cuman dipikir lagi kenikmatan berkendaranya jadi sedikit terganggu kurang bisa rilex..... so ngorbanin selisih FC buat kenyamanan gpp deh.....hehehehehe
kalo jalan lancar sih pulse and glide mayan fun kok :)
googling aja soal pulse and glide

regards,
singachu
Logged

humaam

  • Newbie
  • *
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 77
    • View Profile
Re: Bagaimana cara kerja EFI dan VVT pada R3
« Reply #9 on: August 08, 2012, 08:39:39 AM »

nemu web ini karena penasaran ama pulse and glide. bener gan singachu kalo main pulse and glide didalamkota harus lebih konsentrasi.

http://www.metrompg.com/

bahas tentang fuel efficiency
Logged

Anis WN (ERCI 0161)

  • Full Member
  • ***
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 936
  • Hati-hati di jalan. Selalu berdoa dulu...
    • View Profile
Re: Bagaimana cara kerja EFI dan VVT pada R3
« Reply #10 on: August 08, 2012, 09:39:10 AM »

Wah, tararengkyu link-nya Oom... :top

Kalo ane, sih minimal kalo dah ngelihat lampu merah di depan. Apalagi kalo ada timernya dan jelas masih lama, biarin aja kendaraan nggelinding sebisa2nya ke antrian... :-[
Logged