Forum Suzuki Ertiga Club Indonesia

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Silahkan bergeser ke : www.ertigaclubindonesia.com/forum


Pages: 1 2 3 [4]

Author Topic: Ertiga Kuat Nanjak Gak Sih ?  (Read 17111 times)

FauzanAditya

  • Newbie
  • *
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 9
    • View Profile
Re: Ertiga Kuat Nanjak Gak Sih ?
« Reply #45 on: April 16, 2013, 10:06:18 AM »

perbedaan fwd dan rwd dalam menanjak yang utama adalah perbedaan besaran traksi yang diterima oleh ban yang bergerak, jadi tidak salah juga kalau ada yang bilang "perasaan" rwd lebih kuat menanjak karena ban belakang memiliki traksi lebih besar dari ban depan karena beban yang lebih berat dibelakang. Traksi ini untuk mengurangi gejala spin yang umumnya dapat terjadi pada fwd, jadi bukan pula fwd tidak kuat menanjak, tapi karena gejala spin yang dapat terjadi lebih besar bilamana tidak dapat mengontrol power agar ban tetap mendapatkan traksi.
Logged

war-top

  • Newbie
  • *
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 36
  • Graphite Grey Met....GX
    • View Profile
Re: Ertiga Kuat Nanjak Gak Sih ?
« Reply #46 on: April 17, 2013, 01:01:09 PM »

perbedaan fwd dan rwd dalam menanjak yang utama adalah perbedaan besaran traksi yang diterima oleh ban yang bergerak, jadi tidak salah juga kalau ada yang bilang "perasaan" rwd lebih kuat menanjak karena ban belakang memiliki traksi lebih besar dari ban depan karena beban yang lebih berat dibelakang. Traksi ini untuk mengurangi gejala spin yang umumnya dapat terjadi pada fwd, jadi bukan pula fwd tidak kuat menanjak, tapi karena gejala spin yang dapat terjadi lebih besar bilamana tidak dapat mengontrol power agar ban tetap mendapatkan traksi.

setuju.....memang jika kondisi nanjak dan agak terlambat over gigi sehingga RPM dibawah 2000 pengalaman sy kemarin di jalur selatan arah gentong dan nagreg, agak kaget ketika tiba-tiba melambat (macet), nah ga bisa secepat in...pah....dan sy agak selip (kaget biasa pakai rwd)....namun begitu rpm mulai diatas 2000 ....langsung joss di tanjakan dan bisa mengimbangi in...pah dan mulai merajai di jalanan datar / sedang....apalagi toll matap...... :top
Logged
Pondok Ungu Permai Bekasi

denzi

  • Jr. Member
  • **
  • Penghargaan: +1/-0
  • Posts: 422
    • View Profile
Re: Ertiga Kuat Nanjak Gak Sih ?
« Reply #47 on: April 18, 2013, 08:35:07 AM »

Kalo gigi satu, saya rasa pasti kuatlah, so far blm pernah yg terjal, paling 45 derajat n ga ada masalah sama sekali
Logged
Just Do It
Regional Jakarta
ERCI-0189

avantgarde23

  • Jr. Member
  • **
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 125
  • Joy Ride
    • View Profile
Re: Ertiga Kuat Nanjak Gak Sih ?
« Reply #48 on: April 20, 2013, 04:15:45 PM »

Wahh udah jelas pasti kuat, asal nyopirnya mesti gape.. ini mobil emang asoy...
Logged
~ :peace :peace :peace ~

Eksa_507

  • Newbie
  • *
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 3
    • View Profile
Re: Ertiga Kuat Nanjak Gak Sih ?
« Reply #49 on: April 20, 2013, 06:10:23 PM »

Kalau menurut ane kyaknya tergantung yang nyetir n cara nyetir nya om. dan juga gesekan ban depannya dapet. biar gak selip. selama ban depan gripnya dapet, n hafal jalan atau istiahnya tau medan nnti jalannya kyak apa pasti lancar2 aja.

ane pernah naek ktmpt tmn yang di temanggung tepatnya di kec. pringsurat itu tanjakan ke rumahnya sekitar 40 derajat n posisi waktu itu hujan. ane naek lancar2 aja. ya waktu itu cuma 2 orang aja sama barang bawaan.

Logged

Ignatius W

  • Newbie
  • *
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 6
    • View Profile
Re: Ertiga Kuat Nanjak Gak Sih ?
« Reply #50 on: June 06, 2013, 07:58:21 AM »

Selama dipakai nanjak di jalan pasti ga masalah, tapi kalo dipakai najak di tangga..............? Nyerah  deh segala merk....
Logged

suwarno

  • Newbie
  • *
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 85
    • View Profile
Re: Ertiga Kuat Nanjak Gak Sih ?
« Reply #51 on: June 07, 2013, 04:23:02 PM »

Ikutan sharing  ya..
Ane GL dengan 8 dewasa dan 1 anak 5 th, masuk parkiran Pasar Baru (BAndung).
Tanjakan lumayan ane dapetnya di lantai 4.
Sempet deg-gegan.

Dengan di gigi 1 tenaga memang sangat besar dan ga da masalah. :top :top
Logged

fduriat

  • Newbie
  • *
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 7
    • View Profile
Re: Ertiga Kuat Nanjak Gak Sih ?
« Reply #52 on: June 22, 2013, 08:34:31 AM »

Minggu kmaren ke tasik 4 dewasa+2 anak2 lewat nagrek, double blower dinyalain ga ada masalah, ajib aje nanjaknye. Sempet pulak ke curug (aer terjun) dimana kondisi jalanan nanjak sepanjang 7km dg kemerengan sekitar 30-40 derajat ga masalah juga, sempet selip karena kehilangan traksi secara kondisi tanjakkan ada yg berkerikil. Ini ada potona pas ud nyampe di parkiran curug...

(click to show/hide)
Logged

ketibanzs

  • Newbie
  • *
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 2
    • View Profile
Re: Ertiga Kuat Nanjak Gak Sih ?
« Reply #53 on: June 24, 2013, 04:23:53 PM »

Ayo dicomment biar seru...  :peace
Ertiga kan FWD spt GL. GL reviewnya di majalah berasap tuh rodanya ketika nanjak.

Ane pernah baca kok om klo ga salah di forum sebelah dan kebetulan ts-nya org sales mobil duo kembar yang coba kasih edukasi mengenai masalah mobil tarik roda depan ditanjakan. Cuma setelah ane perhatikan di video tentang gl ga kuat nanjak ternyata cara bawanya dari posisi diam terus gas dibejek dalam-dalam sehingga menimbulkan efek spin dan ban berasap, klo cara bawanya seperti itu yah mobil tarik roda depan bakalan dijamin spin lah... Cmiiw   :peace

Baiknya informasi juga harus berimbang,  mobil tarik roda depan paling bagus untuk kelincahan manuver terutama untuk mengatasi tikungan tanpa takut oversteer dibandingkan dengan mobil penggerak roda belakang... Semua ada plus minusnya tinggal gimana kita menyikapinya karena ane yakin yang mendesain mobil itu adalah para tukang insiyur yang ahli dibidangnya serta sudah mempertimbangkan semua aspek keamanan sehingga tercipta mobil dengan performa yang sesuai dengan kebutuhan konsumen...
« Last Edit: June 24, 2013, 04:31:49 PM by ketibanzs »
Logged

fduriat

  • Newbie
  • *
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 7
    • View Profile
Re: Ertiga Kuat Nanjak Gak Sih ?
« Reply #54 on: June 26, 2013, 08:21:25 PM »

Ayo dicomment biar seru...  :peace
Ertiga kan FWD spt GL. GL reviewnya di majalah berasap tuh rodanya ketika nanjak.

Tergantung SKILL om hehehe... :peace
Logged
Pages: 1 2 3 [4]