Forum Suzuki Ertiga Club Indonesia

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Silahkan bergeser ke : www.ertigaclubindonesia.com/forum


Pages: [1] 2 3 4

Author Topic: Ertiga Kuat Nanjak Gak Sih ?  (Read 14072 times)

mir86

  • Newbie
  • *
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 23
    • View Profile
Ertiga Kuat Nanjak Gak Sih ?
« on: June 19, 2012, 08:31:31 AM »

Mungkin om2 disini ada yang udah dapat unitnya dan udah dipake jalan-jalan, ane kepikiran terus kalo ertiga dibawa ke puncak misalnya yang banyak tanjakan. apa kuat ya ? secara sistem penggeraknya di roda depan, kalo pas lagi bawa penumpang penuh ato barang bawaan banyak ? mohon pencerahannya *cemas mode on*  :peace
Logged

Popohejo

  • Jr. Member
  • **
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 105
  • Burgundy Red is my Ertiga's Color
    • View Profile
Re: Ertiga Kuat Nanjak Gak Sih ?
« Reply #1 on: June 19, 2012, 09:04:20 AM »

sy sudah pernah mencoba tanjakan parkiran di mgk yg kira2 30-40 derajat kemiringannya...

walau hanya sendiri, tp tenaga yg di hasilkan sdh cukup besar... gigi 2 pun masih bs naik dengan kemiringan spt itu, hanya saja kalau sampai lost power... gigi 1 tidak akan ada masalah utk nanjak sama sekali

saya juga pernah coba tanjakan parkiran tempat lain dengan 4 org... masih boleh dibilang normal dan kurang lebih sama dgn mobil sy yg dulu

mungkin ada pendapat lain?
Logged

hafuchan

  • Newbie
  • *
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 45
    • View Profile
Re: Ertiga Kuat Nanjak Gak Sih ?
« Reply #2 on: June 19, 2012, 12:56:42 PM »

sabtu kemaren ane ke jatiluhur, pake gigi 3 gak masalah. Tapi waktu ke hotel Grha Vidya, mobil ane sempet mati telat ngoper gigi dari gigi 3, dari posisi berenti ane kira2 setengah tanjakan pake gigi 1 ahirnya biar gak masalah, tanjakannya kayanya >40 drj
Logged

fram3it

  • Jr. Member
  • **
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 450
    • View Profile
Re: Ertiga Kuat Nanjak Gak Sih ?
« Reply #3 on: June 19, 2012, 01:39:13 PM »

Ayo dicomment biar seru...  :peace
Ertiga kan FWD spt GL. GL reviewnya di majalah berasap tuh rodanya ketika nanjak.
Logged

mir86

  • Newbie
  • *
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 23
    • View Profile
Re: Ertiga Kuat Nanjak Gak Sih ?
« Reply #4 on: June 19, 2012, 01:49:36 PM »

Ayo dicomment biar seru...  :peace
Ertiga kan FWD spt GL. GL reviewnya di majalah berasap tuh rodanya ketika nanjak.

masa om ?? sampe ngebul gitu. nunggu om2 yang lain komentar.
Logged

mir86

  • Newbie
  • *
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 23
    • View Profile
Re: Ertiga Kuat Nanjak Gak Sih ?
« Reply #5 on: June 19, 2012, 01:51:27 PM »

sabtu kemaren ane ke jatiluhur, pake gigi 3 gak masalah. Tapi waktu ke hotel Grha Vidya, mobil ane sempet mati telat ngoper gigi dari gigi 3, dari posisi berenti ane kira2 setengah tanjakan pake gigi 1 ahirnya biar gak masalah, tanjakannya kayanya >40 drj

sy sudah pernah mencoba tanjakan parkiran di mgk yg kira2 30-40 derajat kemiringannya...

walau hanya sendiri, tp tenaga yg di hasilkan sdh cukup besar... gigi 2 pun masih bs naik dengan kemiringan spt itu, hanya saja kalau sampai lost power... gigi 1 tidak akan ada masalah utk nanjak sama sekali

saya juga pernah coba tanjakan parkiran tempat lain dengan 4 org... masih boleh dibilang normal dan kurang lebih sama dgn mobil sy yg dulu

mungkin ada pendapat lain?

lumayan ada pencerahan. makasih om  :salaman  :yes
Logged

fram3it

  • Jr. Member
  • **
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 450
    • View Profile
Re: Ertiga Kuat Nanjak Gak Sih ?
« Reply #6 on: June 19, 2012, 06:27:38 PM »

Ayo dicomment biar seru...  :peace
Ertiga kan FWD spt GL. GL reviewnya di majalah berasap tuh rodanya ketika nanjak.

masa om ?? sampe ngebul gitu. nunggu om2 yang lain komentar.

Bener, Om. Search aja di internet. Sepertinya masih ada deh.
Logged

anda

  • Newbie
  • *
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 69
  • his name is Ceo..
    • View Profile
Re: Ertiga Kuat Nanjak Gak Sih ?
« Reply #7 on: June 19, 2012, 07:32:16 PM »

Kalau menurut saya ini jg bergantung pada karakter jalan (licin/kasar/lembut/keras) permukaan jalan juga sudut pengambilan dan handling driver jg berpengaruh.. Karna sy punya pengalaman pake ertiga and av**** sama jg kena spin cuma ertiga bag depan atunya bag belakang, pas ane ubah sudut pengambilan dan handling yg tepat ya gak pernah kena lagi tu spin, kondisi jln masuk garasi nanjak dan ada bagian semen acian yg licin. Kira2 gitu tuh menurut gua..
Logged
ERCI 0061

anda

  • Newbie
  • *
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 69
  • his name is Ceo..
    • View Profile
Re: Ertiga Kuat Nanjak Gak Sih ?
« Reply #8 on: June 19, 2012, 07:37:01 PM »

Yang gue salut dari ertiga pas nanjak diketinggian extrem apapun  asal kondisi aspal bagus maka usaha buat nanjak enteng tuh gigi 3 aja ga diubah sampe atas, asal kecepatan awal konstan gak perlu harus ngebut jg..
Logged
ERCI 0061

andybangkit

  • Jr. Member
  • **
  • Penghargaan: +1/-0
  • Posts: 163
    • View Profile
Re: Ertiga Kuat Nanjak Gak Sih ?
« Reply #9 on: June 19, 2012, 07:39:59 PM »

Yang gue salut dari ertiga pas nanjak diketinggian extrem apapun  asal kondisi aspal bagus maka usaha buat nanjak enteng tuh gigi 3 aja ga diubah sampe atas, asal kecepatan awal konstan gak perlu harus ngebut jg..

Betul om...ane tiap hari kalo pulang kantor lewat tol Tembalang Semarang kan lumayan tinggi dan puanjang. Ane pake gigi 3 nyantai dan nggak ngeden gitu...rpm juga gak tinggi2 amat
Logged

Toto MKA

  • Newbie
  • *
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 30
    • View Profile
Re: Ertiga Kuat Nanjak Gak Sih ?
« Reply #10 on: June 19, 2012, 08:19:16 PM »

Pengalaman sy baru ke solo lewat selatan,pas di tol cipularang ngacir ga masalah,pas sampai malang bong pas jalanan agak macet.pakai gigi 2 ga ada tenaga,jd hrs pakai gigi 1.
Logged

angger_mangap

  • Newbie
  • *
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 77
    • View Profile
Re: Ertiga Kuat Nanjak Gak Sih ?
« Reply #11 on: June 20, 2012, 07:27:37 AM »

Plis note, spinning itu krn kehilangan traksi, bukan gak kuat nanjak, klo ga kuat nanjak itu mesin sampe mati atau mundur.

Utk nanjak masuk garasi rumah, biasanya krn acian lantai halus atau lantai keramik, shg koefisien gesek kecil atau nyaris nol, mengakibatkan kehilangan traksi dan spinning. Dan kenyataannya utk jalanan (aspal) nanjak, selalu di buat kasar alias koefisien gesek besar.
Utk di mall yg permukaan lantai nanjak licin, jgn salahkan mobilnya deh.

GL yg sampe spinning itu hasil 'uji' kompetitornya, sgt berbau marketing strategy, dan sgt terlihat sesaat terjadi spinning, roda blk terkunci yg mengindikasikan hand brake aktif. Bisa di bayangkan, di jalan datar pun, penggerak depan dgn hand brake aktif (hand brake hanya bekerja pada roda blk) jika di jalankan pasti ngesot2 roda depannya, berbeda dgn penggerak blk, roda blk sbg penggerak juga di 'hambat' oleh hand brake.





Sent from my Boston using Tapatalk
Logged

preman [ERCI-130]

  • Jr. Member
  • **
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 333
    • View Profile
Re: Ertiga Kuat Nanjak Gak Sih ?
« Reply #12 on: June 20, 2012, 07:31:34 AM »

Handbrabe gak empat2nya ya yg ngerem?
Logged

baseboy_2001id

  • Newbie
  • *
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 79
    • View Profile
Re: Ertiga Kuat Nanjak Gak Sih ?
« Reply #13 on: June 20, 2012, 08:01:14 AM »

Untuk nanjak pasti kuat lah karena Suzuki sudah memperhitungkan hal tersebut walaupun dengan beban berat.
Untuk kasus Grand Livina itu adalah kondisi mobil sebenarnya dalam kondisi berhenti dan itu adalah Black Campaign dari kompetitor Toy**a.

Buktinya sedan semua menggunakan penggerak depan dan tidak ada masalah walaupun sekelas Daihatsu Ceria yang CC nya dibawah Ertiga...
Logged

angger_mangap

  • Newbie
  • *
  • Penghargaan: +0/-0
  • Posts: 77
    • View Profile
Re: Ertiga Kuat Nanjak Gak Sih ?
« Reply #14 on: June 20, 2012, 08:50:17 AM »

Cuma belakang yg ngerem klo pake hand brake.

Cara termudah untuk drifting pake hand brake, krn cuma roda blk yg ngunci. di tokyo drift juga di sebut gitu.

Sent from my Boston using Tapatalk
Logged
Pages: [1] 2 3 4